Demam Pada Anak

Seorang anak dikatakan demam bila panas tubuhnya mencapak 38 derajat celcius, namun demam pada anak itu banyak, bisa dilihat dari daerah atau tempat disekitarnya, karena bisa jadi demam tersebut berasal dari endemis di deerah tersebut, misalnya demam berdarah, malaria, dll.

Lalu bagaimana penanganan pertama dari demam?
Jika anak anda menderita demam kurang lebih satu hari, jangan serta merta memberikan anak bermacam-macam obat karena bisa jadi sang anak hanya menderita demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya di keesokan harinya.
Penanganan pertama anak yang demam adalah dengan memberinya kompres air biasa, jangan air dingin atau air panas. Karena dengan memberikan kompres air dingin malah justru akan menghambat aliran panas yang berasal dari tubuh anak.
demam pada anak

Penanganan selanjutnya adalah dengan pemberian obat penurunan panas seperti paracetamol dan asetaminofen. Obat ini adalah obat yang paling sering diberikan pada anak yang demam. Yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah dosis pemberiannya. Karena pada anak yang berusia kurang dari satu tahun, pemberian obat ini harus sesuai dengan berat badan dan tidak boleh berlebihan.
Setelah pemberian obat parasetamol dan kompres, selanjutnya adalah observasi. Kita melihat apa perubahan yang terjadi pada tubuh anak, apakah timbul bintik-bintik merah seluruh tubuh, apakah anak batuk-batuk, timbul pilek maupun bersin-bersin. Perhatikan juga apakah demam anak sampai menggigil atau tidak. Periksa juga apakah ada koreng atau bisul di bagian-bagian tubuh anak. Bisa di pantat, di kulit lain, ataupun mata.

Keesokan harinya, apabila demam masih tinggi dan disertai penurunan nafsu makan dan fisik anak mulai lemah, sebaiknya langsung dibawa ke dokter terdekat.

Semoga Bermanfaat :))
Comments
0 Comments

0 Response to "Demam Pada Anak"

Post a Comment