Akibat terlalu sering mandi malam

Rematik karena Mandi Malam ???

Ads-Health - Secara umum, mandi 2 kali sehari yakni pagi setelah bangun tidur dan sore hari sepulang dari aktivitas seharian.
Namun dikarenakan aktifitas kerja seharian sehingga aktifitas mandi baru bisa dilakukan saat malam hari. 
Apakah mandi malam berefek buruk bagi kesehatan? Apakah ada kaitannya dengan rematik?

Mengenai mandi malam, hal ini tidak akan menjadi masalah jika orang tersebut dalam keadaan fit. Tentu ada cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya tidak mandi malam dengan air dingin dan dalam keadaan badan gerah sekali. 
Bila ingin mandi malam, keadaan badan sebaiknya masih segar, tidak terlampau letih. kalau sudah sangat letih dan gerah, sebaiknya istirahat terlebih dahulu untuk mendinginkan badan agar tidak kaget saat mandi. siramkan air mandi ke tubuh secara bertahap sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut (badan tidak kaget). 


Beberapa keluhan seputar rematik memang selalu dikait-kaitkan dengan kebiasaan seseorang yang kebetulan cukup sering mandi malam. 
Padahal belum ada penelitian medis perihal kaitan yang tegas antara mandi malam baik dengan air dingin maupun air hangat akan menyebabkan keluhan rematik.
Menurut Handono seperti dikutip health kompas, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sering mandi malam hari bisa menyebabkan rematik di kemudian hari. 
Hanya saja, terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin bisa membuat otot kaku. 
Hal ini pun lumrah dialami seseorang jika tidak kuat dingin.

nah... Banyak juga orang menghubungkan rematik dengan jenis makanan tertentu selain kebiasaan mandi malam, sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk makanan. 
Biasanya yang terkait dengan pola makan adaalah penyakit asam urat dimana gejalanya memang mirip dengan rematik. sebaiknya mulailah menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum. Kita tentu sulit menghindari kandungan purin (salah satu unsur protein) di dalam makanan, padahal semua produk makanan yang mengandung protein sudah pasti mengandung purin. Jika kita kurang mengkonsumsi protein, maka tubuh akan terasa lemas dan kurang sehat. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi protein, akan lebih banyak terdapat asam urat dalam darah kita. Saat usia muda, hal itu tidak terlalu mengganggu. Tapi, saat usia tua, hal itu tentu sangat mengganggu

Mandi malam tidak menyebabkan nyeri rematik, tapi mandi malam jelas memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat. Rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan.

Rematik yang cukup parah bisa menyebabkan kaku seperti jari tangan tidak bisa digerakkan. Hal ini membuat kualitas hidup seseorang menurun. Jika persendian sudah kaku, maka tidak bisa disembuhkan atau hanya bisa dikontrol.

Jadi sebaiknya kalau pun pilihan kita adalah mandi malam, maka usahakan mandi menggunakan air hangat dan jika memang kondisi badan terlalu letih bekerja atau sedang tidak sehat, sebaiknya menghindari mandi malam karena mungkin benar akan ada akibat kalau sering mandi malam hari di masa tua nanti.

Semoga Bermanfaat :))
Comments
0 Comments

0 Response to "Akibat terlalu sering mandi malam"

Post a Comment